WELCOME TO MY BLOG

Ada Suatu Aturan Batasan Hambatan Untuk Sekedar Sharing Ilmu Pengetahuan..

Translate

Senin, 02 Mei 2011

Saatnya Membuat Peluru Boss

Di dalam membuat tutorial ini saya teringat game yang pernah saya mainkan dahulu sewaktu SD. Sudah lama... sekali. Di dalam game tersebut pesawat bos tiba-tiba datang dan melontarkan sebuah peluru yang kemudian peluru tersebut bertaburan kemana-mana. Tak lama kemudian peluru itu berpencar mengikuti alur yang ditentukan, seakan-akan tidak ada celah sedikitpun bagi saya untuk bisa menghindarinya. Semakin lama peluru itu semakin mendekat, dan sayapun akhirnya bisa dengan mudah menghidarinya.

Langsung aja ya buat :

Buka Program Macromedia Flash 8

Buatlah sebuah lingkaran yang menyerupai bentuk peluru. Penulis membuatnya seperti ini.


Kemudian beri warna peluru tersebut dengan color mixer, tipe = radial, pilih perpaduan warna kuning dengan orange.


Hapuslah garis pada bagian luar obyek peluru sehingga tinggal bagian dalamnya saja.


Ubah type peluru menjadi movie clip dengan cara, klik kanan pada obyek kemudian pilih convert to symbol, beri nama = peluru , pilih tipe = movie clip, ok.

Duplicat peluru tersebut menjadi empat bagian dengan cara, copy paste, kemudian atur symbol tersebut menjadi seperti ini.


Berilah nama pada masing-masing peluru. peluru atas = a, peluru kiri = b,

peluru bawah = c, dan peluru kanan = d.

Sekarang tinggal kita ketikkan rumus berikut pada action frame pertama

onEnterFrame = function () {

a._y -= 10;
b._x -= 10;
c._y += 10;
d._x += 10;

};

Sejauh ini anda dapat menjalankan peluru tersebut, namun peluru tersebut hanya mampu menjangkau 4 arah saja, atas, bawah, kanan, dan kiri.

Ikuti langkah selanjutnya agar peluru kita dapat bergerak ke segala arah.

Setelah mengetik script diatas pada action frame 1 kita harus menyatukan keempat simbol tersebut menjadi satu. Dengan cara pilih semua simbol.

Klik kanan, convert to symbol, beri nama = kesatuan peluru, kemudian pilih type = Movie Clip, ok.

Pindahkan rumus diatas dari frame 1 (_root) ke frame 1 simbol (kesatuan peluru).

Keluar dari symbol kesatuan peluru dengan menggunakan tommbol ctrl+E

Kembali copy paste simbol tersebut, dengan cara select simbol kemudian klik kanan, copy kemudian paste in place. Ubah rotation menjadi 45 derajat dengan cara klik simbol pilih free transform tool. Putar simbol sejauh 45 derajat.


Pilih kedua simbol tersebut kemudian copy, paste in place. Lagi-lagi rubah rotation dengan cara pilih free transform tool kemudian putar simbol tersebut sejauh 60 derajat hingga menjadi seperti ini.

Untuk memudahkan dalam penataan simbol, pilih “Show All Layers at Outlines” yang ada tepat di atas layer.


Duplikat semua obyek secara keseluruhan kemudian atur dengan menggunakan transform tool. Ulangi langkah ini secara terus menerus hingga menyerupai bentuk dibawah.


Pilih semua obyek kemudian convert to symbol dengan nama = “pluru jadi”, type = Movie Clip.

Terakhir, jalankan animasi.

Bila kurang jelas anda dapat mendownload animasi peluru.fla atau konsultasi ke h3ndr7nf1r@gmail.com. Kritik & Saran akan membantu saya pada penulisan artikel berikutnya, demikian terimakasih.


Lihat animasi Peluru menggunakan klik mouse klik disini

Sedang Difikirkan

Malas rasanya jika berkarya tanpa seorang teman yang selalu memberi semangat, bagi teman2 yang mempunyai perasaan yang sama seperti saya please coment yaaa...., mari kita saling memberi semangat,,

Teman_teman