Suatu hal yang umum dilakukan pada game, baik game besar ataupun kecil tidak terlepas dari yang namanya timer. Hal ini dimaksudkan agar para pemain lebih tertarik memainkan game tersebut. Maksudnya ?? Maksud saya pemain akan lebih tertantang untuk menyelesaikan suatu game dengan waktu yang sesingkat mungkin, dan akan mendapatkan kepuasan tersendiri bila waktu yang didapatkan akan lebih singkat dari pada orang lain yang memainkan game yang sama.
Ok nggak usah panjang lebar lagi, kita langsung saja mengambil tindakan cepat.
Buka programnya, yang saya gunakan adalah Macromedia Flash 8
Pada Create New Pilih Flash document.
Buatlah simbol baru bernama lingkran, dengan cara mengetikkan tombol key board ctrl+F8.
Buatlah satu lingkaran penuh.
*catatan: warna fill color buat none
Buatlah sebuah garis yang melintang pada setengah lingkaran, kurang lebihnya terlihat seperti gambar berikut :
Gambar1.1 |
Buatlah keyframe baru, dengan klik kanan pada frame kemudian insert keyframe
Buat sebuah garis lagi, kali ini atur pada posisi seperti gambar
Gambar 1.2 |
Ulangi langkah di atas, hingga pada setiap frame (frame1 - 9) terdapat gambar seperti berikut
Gambar 1.3 |
Sebelum kita memberi warna Pada Obyek kita kita harus menggandakan
semua frame karena nanti kita akan membuat 2 warna yang berbeda yakni
hitam dan transparan dan nanti animasinya akan terlihat membuka dan
menutup (bolak-balik).
Blok semua frame dari frame satu sampai frame terakhir
Klik kanan - copy frame
Kemudian letakkan pada frame kosong yang posisinya berada setelah frame
yang terakhir (frame 10)
Gambar 1.5 |
Buat layer baru, layer ini harus kita letakkan pada urutan pertama(no 1)
Kembali melakukan proses pengkopian, namun kali ini kita harus mengkopi semua frame yang ada pada layer lama (no 2) kemudian kita letakkan pada layer yang baru kita buat (no1).
Kembali melakukan proses pengkopian, namun kali ini kita harus mengkopi semua frame yang ada pada layer lama (no 2) kemudian kita letakkan pada layer yang baru kita buat (no1).
Buat layer baru lagi, tempatkan pada posisi paling bawah (no 3)
Buat sebuah obyek text, dengan tipe=dynamic text; beri nama instance name= "kounter;
Buat sebuah obyek text, dengan tipe=dynamic text; beri nama instance name= "kounter;
Letakkan pada posisi tengah obyek lingkaran.
*keterangan : obyek teks ini nantinya akan kita buat untuk menampilkan angka Counter Down
*keterangan : obyek teks ini nantinya akan kita buat untuk menampilkan angka Counter Down
Proses Pewarnaan dan Masking :
Pada frame 1 beri warna hitam secara penuh satu lingkaran
Pada frame 2 beri warna lingkaran pada persentase yang paling besar, demikian seterusnya hingga terlihat warna hitam semakin lama semakin hilang dan berganti menjadi warna transparan.
Pada frame 2 beri warna lingkaran pada persentase yang paling besar, demikian seterusnya hingga terlihat warna hitam semakin lama semakin hilang dan berganti menjadi warna transparan.
Pada frame 10 kita balik yang tadinya warna hitam penuh satu lingkaran menjadi warna transparan
Pada frame 11 kita beri warna hitam pada persentase yang paling kecil, dan akan terlihat warna hitam semakin lama semakin penuh satu lingkaran.Kalian bingung??? Untuk lebih jelasnya kita sebaiknya melihat gambar animasi dibawah.
Gambar 1.6 |
Pemaskingan :
Dalam tahap ini kita hanya perlu klik kanan pada layer no2 kemudian pilih mask.
Memberikan Efek :
Salah satu kegunaan efek di dalam pembuatan suatu karya design grafis adalah untuk membuat suatu obyek tampak nyata. Di dalam program flash kita bisa menambahkan satu atau lebih efek . Efek -efek itu terdapat pada kotak filter, menjadi satu dengan kotak properties.
Sebelum memberi efek filter pada obyek, kita harus keluar pada simbol1 dengan cara ketik ctrl+E,
Kita akan melihat lembar kerja awal, sebelum kita membuat symbol lingkaran
Sebelum memberi efek filter pada obyek, kita harus keluar pada simbol1 dengan cara ketik ctrl+E,
Kita akan melihat lembar kerja awal, sebelum kita membuat symbol lingkaran
Klik dan drag lingkaran yang terdapat pada kotak library, ke dalam lembar kerja.
Beri nama simbol tersebut, dengan instance name="anime".
Beri nama simbol tersebut, dengan instance name="anime".
Klik simbol anime, kemudian klik tab filter yang berada tidak jauh dari tab properties.
Cara satu-satunya untuk menambahkan efek filter pada obyek lingkaran adalah pilih tanda tambah dan pilih efek sesuai keinginan kita, sebagai contoh saya memilih embos, dan drop shadow, kita tinggal mengatur setingan sesuai selera.
Langkah terakhir pemberian Action Script :
Klik pada Frame pertama, entah itu frame pada layer no 1, 2, atau 3,
Pilih Action kemudian ketikkan script berikut :
Pilih Action kemudian ketikkan script berikut :
onEnterFrame = function () {
if (anime.counter == 0) {
anime.counter = 9;
}
i f (anime._currentframe == 10) {
anime.counter -= 1;
}
};
Penjelasan :
if (anime._currentframe == 10) {
anime.counter -= 1;
}
adalah bila animasi berjalan pada posisi frame ke 10 maka skrip akan
melakukan pengurangan satu angka pada obyek "counter"; yang tadinya 9
menjadi 8, yang tadinya 8 menjadi 7, demikian seterusnya hingga
mencapai nilai==0.
if(anime.counter==0){
anime.counter=9}
bila anime counter bernilai 0 maka kembali ke nilai 9.
Demikian setitik ilmu yang bisa saya share, semoga bermanfaat bagi kita
sekalian, amin, amin ya robal alamin.